Pelatian Bola-Bola Pisang Lumer

Bantul89 Dilihat
Pelatian Bola-Bola Pisang Lumer
Mahasiswa KKN IIQ An Nur Adakan Pelatihan Bisnis “Bola-Bola Pisang Lumer”

Bantul, ejogja.idKelompok 14 KKN IIQ An Nur Yogyakarta Angkatan 19 mengadakan pelatihan ekonomi bisnis dengan bahan dari buah pisang yang diberi nama bola-bola pisang lumer pada Rabu, 08 Maret 2023 di Dusun Sanansari Srimartani Piyungan Bantul. Acara tersebut bertempat di rumah bapak Kepala Dusun Sanansari, yang dipandu oleh saudari Hani Awaliyah, mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Para ibu se-Dusun Sanansari yang hadir sejumlah 25 orang.

Jangan Lewatkan Baca Juga: Waspada Resesi, KKN IIQ An Nur Sosialisasi Pemberdayaan Ekonomi Masjid

Alasan penting terlkasananya kegiatan ini adalah Kalurahan Sanansari merupakan daerah penghasil aneka macam pisang. Antara lain: pisang ambon, pisang raja, pisang kapok, pisang tanduk, dan seterusnya. Buah pisang yang mudah ini seharusnya mampu menjadi potensi untuk pengembangan perekonomian Dusun Sanansari, namun kondisi buah pisang yang kelewat matang sering kali menjadi sampah atau terbuang begitu saja. Berangkat dari problem inilah, KKN IIQ An Nur kelompok 14 mengadakan pelatihan olahan dari buah pisang menjadi olahan yang bervariasi dan bernilai ekonomi, yang salah satunya adalah pembuatan “bola-bola pisang lumer”.

Pelatihan ini memberikan pengetahuan tentang manfaat buah pisang dan jenis pisang yang bisa diolah. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menjelaskan secara detail proses pengolahan bola-bola pisang lumer dari persiapan bahan, alat, cara pengemasan dan terakhir cara pemasaran.

Dengerkan Ini Biar Tidak Suka Menyalahkan: Biar tidak Tersesat, Ini Cara Benar Menemukan Kebenaran

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di Dusun Sanansari, Bapak Rohmat Dwi Yunianta, M.Pd. Ia menyampaikan, bahwa kegiatan ini menjadi penting terlaksana karena sebagai aktualisasi solusi problematika di masyarakat.

“Sebagai mahasiswa milenial, KKN harusnya menjadi ajang aktualisasi diri mahasiswa terhadap berbagai dinamika dan problematika di masyarakat. Pelatihan ini menjadi salah satu contoh bagaimana mahasiswa KKN peka terhadap situasi dan menjadikan solusi terhadap situasi itu”. Tambahnya. Kegiatan ini berakhir dengan makan bersama, ramah tamah dengan para peserta dan mahasiswa KKN serta foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *