Jalur dan Persyaratan PMB S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

PMB4274 Dilihat
Jalur dan Persyaratan PMB S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Jalur Seleksi PMB S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi)

SNBP 2023 merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN. Jalur SNBP 2023 bagi sekolah SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN serta telah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Jalur SNBP 2023 ini untuk siswa kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2023 yang memiliki prestasi unggul, memiliki NISN dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS, dan telah mendaftar Jalur SNBP 2023.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

UTBK – SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tulis)

UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

SPAN–PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis. Sekolah/Madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.
Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah/Mu’adalah Muallimin/Mua’dalah Salafiyah masing – masing.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: span.ptkin.ac.id

UM – PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

Merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan PTN dengan Program Studi Keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama RI melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE). UM-PTKIN diselenggarakan di seluruh Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Informasi selengkapnya dapat diakses di laman: um.ptkin.ac.id

MANDIRI

Seleksi Mandiri merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk pilihan semua program studi umum maupun agama. Jalur Mandiri dapat diikuti oleh pendaftar Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau Paket C yang setara tahun 2023, 2022. 2021 dan 2020 Terdapat 3 (tiga) jenis seleksi, yaitu:

  • Computer-Based Test (CBT)

Mandiri CBT merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan ujian online menggunakan sistem operasi Android. Seleksi CBT dilakukan dari rumah menggunakan ponsel dan berpaket data internet yang telah disiapkan oleh peserta ujian.

  • Prestasi

Mandiri Prestasi merupakan seleksi bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi bidang akademik, seni, olah raga, keagamaan, atau hafalan Al-Qur’an minimal 26 Juz dibuktikan dengan ijazah/piagam, atau dengan prestasi individu tingkat nasional juara 1 – 3 dibuktikan dengan sertifikat/piagam yang dikeluarkan oleh Kementerian atau Lembaga Negara Republik Indonesia selama di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

  • Portofolio

Mandiri Portofolio merupakan seleksi dengan nilai UTBK-SNBT atau nilai UM-PTKIN tahun 2023. Jalur Mandiri Portofolio juga merupakan jalur seleksi PMB bagi calon mahasiswa baru Luar Negeri yang telah lulus setara dengan pendidikan menengah.

Pada jalur Mandiri Portofolio ini juga terdapat program Mandiri Khusus Difabel Calon Mahasiswa, serta Portofolio Keberagaman untuk calon mahasiswa Non Muslim atau 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Informasi lebih lengkap tentang Admisi Khusus Difabel, silahkan lihat di link berikut: http://pld.uin-suka.ac.id/p/admisi.html

Pendaftaran Jalur Mandiri secara online http://admisi.uin-suka.ac.id

Jangan Lewatkan: Apa yang Anda Suka? Sastra dari Proses Kreatif sampai ke Realitas

PERSYARATAN UMUM JALUR MANDIRI
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau peserta didik Paket C yang setara tahun 2023, 2022, 2021, dan 2020.
  2. Memiliki Ijazah atau minimal Surat Keterangan Lulus (lulusan tahun 2023).
  3. Memiliki nilai rapor bahasa Arab minimal 7 (tujuh) khusus pilihan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA).
  4. Memiliki nilai rapor bahasa Inggris minimal 7 (tujuh) khusus pilihan Program Studi Sastra Inggris.

PERSYARATAN KHUSUS JALUR MANDIRI
PERSYARATAN JALUR PORTOFOLIO NILAI UBTK-SNBT DAN UM-PTKIN

  1. Calon Mahasiswa dengan nilai UTBK mengupload sertifikat nilai UTBK-SNBT Tahun 2023.
  2. Calon Mahasiswa dengan nilai UM-PTKIN menginput nomor peserta UM-PTKIN dan dokumen pendukung Tahun 2023. (Nilai UM-PTKIN akan disinkronisasikan oleh panitia PMB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama dengan panitia pusat UM-PTKIN Tahun 2023).

PERSYARATAN JALUR PORTOFOLIO DIFABEL CALON MAHASISWA

  1. Difabel calon mahasiswa baru menghubungi Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk melakukan konsultasi peminatan dan pemilihan program studi yang sesuai.
  2. Difabel calon mahasiswa baru dapat secara mandiri atau dengan bantuan PLD melakukan pendaftaran melalui jalur seleksi Mandiri Portofolio.
  3. Difabel calon mahasiswa baru dapat menghubungi Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk konsultasi pilihan program studi.

pld.uin-suka.ac.id | Phone: +62-274-519709 | Email: pld@uin-suka.ac.id

PERSYARATAN JALUR PORTOFOLIO MAHASISWA ASING

Penerimaan mahasiswa baru luar negeri (asing) dapat menghubungi International Office (CDCIA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

io.uin-suka.ac.id | Phone: +62-274-512474 ext 6040 | Fax: +62-274-586117 | Email: io@uin-suka.ac.id atau kerjasama@uin-suka.ac.id

PERSYARATAN JALUR PORTOFOLIO KEBERAGAMAN

  1. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau sederajat.
  2. KTP Non Muslim atau KTP berdomomisili 3T ( Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).
  3. Mengupload surat rekomendasi pimpinan organisasi keagamaan/masyarakat.
  4. Mengupload esai bertema keberagaman.
  5. Mengupload statement of purpose.

KELOMPOK UJIAN JALUR MANDIRI

  1. Program studi dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok Sains dan kelompok Isoshum (Islam,Sosial, dan Humaniora).
  2. Peserta seleksi Jalur Mandiri dapat memilih 2 (dua) pilihan program studi.
  3. Kelompok ujian seleksi Mandiri CBT: Pilihan program studi Sains (peserta mengikuti kelompok ujian CBT IPA), dan untuk pilihan program studi Isoshum (peserta mengikuti kelompok ujian CBT IPS).

MATERI SELEKSI /TES JALUR MANDIRI CBT

  1. Tes Potensi Akademik (TPA).
  2. Tes Dirasah Islamiyah (DI) terdiri atas Al-Quran dan Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tauhid, Akhlak, Fikih.
  3. Tes Bahasa terdiri atas bahasa Arab dan bahasa Inggris.
  4. Tes Kemampuan Dasar IPA (TKD IPA) terdiri atas Matematika, Kimia, Biologi, dan Fisika.
  5. Tes Kemampuan Dasar IPS (TKD IPS) terdiri atas Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.

Jadwal Pelaksanaan PMB: https://admisi.uin-suka.ac.id/informasi/11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar