Kasih Sayang Orang Tua Kepada Anak-Anak

Literasi, Opini475 Dilihat

Kasih Sayang Orang Tua Kepada Anak-Anak

Rojiah, dkk

Setiap orang tua  mendambakan anak-anaknya supaya menjadi anak-anak yang saleh dan salehah. Kita sebagai orang tua harus mempunyai kewajiban-kewajiban kepada anaknya. Sebagai orang tua harus memberikan ilmu yang baik terutama kepada ibu yang sudah mengandung dalam 9 bulan hati-hati dalam tingkah atau perbuatan. Terutama dalam tata cara bersetubuh harus membersihkan badan dengan mandi, wudu, membaca ayat-ayat Al-Quran, dan membaca doa bersetubuh supaya tidak diganggu setan. Orang tua sangat hati-hati dalam mengerjakan sesuatu jangan sampai ada najis yang masuk ke dalam perut supaya anaknya nanti sempurna suci dan jadi anak yang saleh dan salehah.

Jangan Skip: Karakter Ilmu dan Tujuan Pendidikan Islam dalam Filsafat Pendidikan KHM Hasyim Asy’ari #2

Pertama, orang tua harus memberi ilmu kepada anaknya setelah umur 4 bulan dalam kandungan orang tua memberikan sedekahan dan membacakan ayat-ayat suci Al-Quran yang biasa disebut ngupati. Dalam 7 bulan, orang tua memberikan shodaqohan dan membacakan ayat suci Al-quran yang biasa disebut “mitoni”. Tidak lupa orang tua setiap habis salat fardu membacakan surat al-Fatihah dikhususkan kepada anaknya yang masih dalam kandungan supaya nantinya bisa lahir dengan lancar. Setelah lahir anak diadzani dan diiqomah oleh ayahnya. Anak diberi nama yang baik, setelah umur 7 tahun sudah diajarkan salat. Setelah aqil baligh anak selalu untuk mengerjakan salat dan jangan sekali-kali untuk meninggalkan kewajibannya sampai akhir hayat supaya anaknya tidak terjerumus. Orang tua harus mendoakan kepada anaknya yang terbaik, khususnya seorang ibu, doa Ibu sangat dikabulkan oleh Tuhan dari masih dalam kandungan, sampai ajal menjemput. Seorang ibu harus menjadi ibu kandung yang ikhlas, ibu susu yang tuntas, ibu guru yang cerdas, supaya jadi anaknya nanti bisa berfikir dengan sehat, cerdas, dan ceria.

Kedua, orang tua memberikan ilmu atau pendidikan. Akhlak budi pekerti yang baik. Orang tua memberikannya dengan penuh kasih sayang dan mempunyai harta digunakan untuk kepentingan anak untuk beribadah. Orang tua mengarahkan anaknya untuk sekolah dan di pondokan di pesantren.

Jangan Skip: PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK SEJAK DINI

Ketiga, anak diberi ilmu tauhid dan harus mengutamakan ilmu agamanya. Orang tua nanti pun akan mengharapkan doa dari anak-anak yang sholeh sholehah. Setelah orang tua memberikan nama yang baik, ilmu agama, maupun pendidikan akhlak budi pekerti orang tua tidak lupa untuk mendoakan anaknya dalam siang malam tanpa henti-hentinya. Kasih sayang orang tua sepanjang hayat. Dengan sangat ikhlas dan sabar orang tua memasukinya.

Keempat, orang tua memberikan jodoh kepada anaknya yang seiman dan seakidah. Dengan sangat mengharapkan orang tua supaya nantinya menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Allahumma Amin. Itulah kewajiban orang tua kepada anak. Semoga sebagai orang tua kita mampu memberikan nama yang baik kepada anak kita, memberikan pendidikan akhlak dan budi pekerti yang baik, mengenalkan ilmu agama atau tauhid, dan mencarikan jodoh kepada anak apabila sudah dewasa.

Rojiah,Wiwin, Tuti, Ratini, Istiqomah, dan  Milasih, Anggota Fatayat dan MUslimat NU Padureso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar