Kerja Ibadah yang Berkah

Esai, Literasi749 Dilihat

Kerja Ibadah yang Berkah

Getun, dkk

Manusia mempunyai kewajiban menjaga kehidupan dirinya sendiri dan kehidupan, dan ini menjadi tanggung jawabnya yaitu memberi nafkah sesuai kebutuhan yang ada. Nafkah bisa diperoleh kalau kita tidak bekerja sambil menghargai mengharap rahmat Allah SWT bekerja yang kita ikhtiarkan.

Jangan Skip: Murattal Anak Juz 30 Full Version, Mulai dari QS An Nas Animasi Hewan, Transportasi, Warna-warni

Oleh sebab itu, kita rajin dalam berusaha dan bekerja bekerja apa saja asal dengan jalan yang benar dan halal. Misalnya, kita berusaha di bidang pertanian atau perdagangan menjadi buruh dan pegawai menjadi pengusaha dalam bidang jasa dan sebagainya. Kalau bidang-bidang itu telah kita usahakan, akan tetapi belum berhasil maka kita tidak boleh putus asa kita mencari jalan lain. Sehingga, Allah SWT memberi jalan ke lapangan bagi kita. Rasulullah SAW bersabda yang artinya Carilah Rizki oleh kamu sekalian di dalam tumbuh-tumbuhan bumi.

Dari hadis lain Rasulullah SAW juga bersabda yang bertiga Carilah segala kebutuhan dengan kebesaran Jika kamu Setiap perkara itu berjalan bersama-sama dengan takdir atau ketentuan ada 4 cara bekerja yang diridhoi oleh Allah SWT. Pertama, Setiap berangkat bekerja niatkanlah untuk beribadah. Kedau, mencari pekerjaan yang halal dan diridho Allah SWT. Ketiga, selalu bersyukur kepada Allah SWT. Keempat, jujur adalah modal utama kesuksesan. Demikian beberapa cara bekerja yang baik dan diridhoi Allah SWT.

Jangan Skip: Kasih Sayang Orang Tua Kepada Anak-Anak

Kalau cara itu bisa diamalkan oleh setiap orang yang bekerja, maka dia bukan hanya memperoleh hasil dari payahnya, melainkan juga pahala dari Allah SWT. Ia memperolehnya karena apa saja yang dia kerjakan itu adalah ibadah. Selain apa saja yang telah diuraikan di atas maka perlu kita ketahui pula bahwa di dalam bekerja jangan sampai melupakan ibadah wajib yang rutin harus dikerjakan. Misalnya, salat lima waktu atau salat Jumat meskipun di saat kerjaan itu tidak boleh ditinggalkan satu dalam keadaan sibuk justru hal itu adalah ujian yang berat bagi kita. Karenanya, hentikan pekerjaan untuk sementara lalu tunaikan salat dengan khusuk, selanjutnya selesaikanlah pekerjaan itu dengan baik.

Demikian cara takwa dalam bekerja sebagaimana diisyaratkan Allah SWT dalam firmanya yang artinya apabila telah ditunaikan salat maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah SWT dan selalulah mengingat Allah SWT supaya kamu beruntung. Semoga Allah SWT memberikan petunjuk kepada kita dalam bekerja sehingga pekerja kita selalu diwarnai dalam ketakwaan.

Getun, Rohayati, Rini, dan SitatriAnngota Ranting Fatayat NU Desa Kalijering Kebumen Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *