Fasilitator Binwin Ajak Catin Membentuk Keluarga Sakinah

Bantul239 Dilihat

Fasilitator Binwin Ajak Catin Membentuk Keluarga Sakinah

Sedayu, ejogja.ID – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sedayu menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah sesuai surat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 379 Tahun 2018, bertempat di Balai Nikah KUA Sedayu pada hari Selasa (29/8). Kegiatan diikuti oleh 15 orang peserta.

Jangan Skip: Nulis Story, Nulis Puisi | Tips Menulis Puisi yang Baik

Fasilitator pertama Nova Andriyanto memberikan materi tentang Filosofi Bimbingan Perkawinan dan Membangun Keluarga Sakinah, menurutnya kegiatan bimwin dimaksudkan memberikan pemahaman kepada calon pengantin akan dinamika dalam bahtera rumah tangga. Sehingga dengan adanya bimbingan pra nikah ini bagi setiap keluarga muda akan siap dan semakin kokoh membangun keutuhan keluarga.

“Mas/mbak, bimbingan perkawinan memiliki tujuan untuk memberikan bekal bagi calon pengantin dalam meningkatkan pengetahuan, pemahaman, keterampilan tentang kehidupan berumah tangga sehingga terwujud keluarga sakinah mawaddah wa rahmah” terang Nova, Penyuluh Agama Islam KUA Sedayu tersebut.

Nova menambahkan 8 hal yang harus dipahami oleh calon pengantin dalam mewujudkan keluarga yang Sakinah, Mawaddah Warahmah, yaitu pertama calon pengantin hendaknya memahami makna pernikahan bagi masing-masing pasangan, kedua ada komitmen pernikahan, ketiga ada komunikasi efektif antar pasangan, keempat adanya ruang bagi proses penyelesaian masalah, kelima memahami pengetahuan tentang finansial, keenammelakukan penyesuaian diri, ketujuh mengetahui cara mempertahankan momentum cinta dan kedelapan ada perencanaan keluarga.

Jangan Skip: PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK SEJAK DINI

Fasilitator kedua Jamilludin menjelaskan materi tentang memenuhi kebutuhan keluarga, peserta dipandu untuk menganalisa antara kebutuhan dan keinginan. Pria yang biasa disapa Kang Jamil menekankan sangat penting bagi Catin mulai membuat perencanaan membina rumah tangga, agar kehidupan rumah tangga lebih terarah.

“Alhamdulillah, para Catin sangat antusias mengikuti kegiatan Binwin ini. Diantara para peserta dapat saling memberikan pemahaman tentang konsep rumah tangga yang kokoh dan ideal”, Kata Kang Jamil. Salahsatu pasangan Catin, Alvin dan Merci yang menjadi peserta Bimbingan Perkawinan mengungkapkan perasaannya setelah mengikuti kegiatan Binwin merasa lebih tenang dan memiliki arah untuk membina rumah tangga yang diidamkan yaitu bahagia dan saling melengkapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *