Demi Pertumbuhan Kesejahteraan, KKN IIQ An Nur Adakan Pelatihan Ekonomi Syariah

Bantul38 Dilihat
Demi Pertumbuhan Kesejahteraan, KKN IIQ An Nur Adakan Pelatihan Ekonomi Syariah
Demi Pertumbuhan Kesejahteraan, KKN IIQ An Nur Adakan Pelatihan Ekonomi Syariah

Yogyakarta; ejogja.id – Kelompok 13 KKN IIQ An Nur Yogyakarta Angkatan ke 19 bekerja sama dengan kelompok wanita tani dusun munggur menggelar acara sosialisasi Ekonomi syariah dengan tema “Muamalah Keluarga” pada Jum’at, 17 Maret 2023 di Dusun Munggur Piyungan Bantul. Acara ini bertempat di rumah warga Dusun Munggur dengan menghadirkan 2 pembicara nasional. Ini untuk mengenalkan ekonomi syariah.
Sebagai pembicara pertama, Saudara muhammad Rafiuddin, S.E selaku co founder zahabat ekonomi syariah, menyampaikan Muamalah Keluarga.

Jangan Lewatkan: Waspada Resesi, KKN IIQ An Nur Sosialisasi Pemberdayaan Ekonomi Masjid

Maqosid syariah ada 5

1. Menjaga jiwa
2. Menjaga harta
3. Menjaga agama
4. Menjaga aqal
5. Menjaga keturunan

Kemudian pemateri menjelaskan tentang prinsip utama keluarga: hak istri yaitu mahar dan nafkah. Hak suami yaitu
Mengelola harta, beri izin istri gunakan harta, menafkahi orang tua dan saudara.

Demi Pertumbuhan Kesejahteraan, KKN IIQ An Nur Adakan Pelatihan Ekonomi SyariahDilanjutkan dengan materi kedua, yakni Saudara malik abd karim amirullah. S.E, Ketua umum forum kajian mahasiswa islam sulawesi tenggara (FKMI sultra) periode 2021-2022. Mengapresiasi bahwa adanya perkumpulan ibu ibu dusun munggur yang dinamai kelompok wanita tani dusun munggur yang rutin 1 bulan sekali dilakukan untuk saling silaturahmi saling bertukar infomasi tentang usaha kecil yang telah dilakukan mulai dari biaya modal hingga keuntungan yang didapatkan, kegiatan ini harus semua orang tau bahwa kegiatan kecil ini bisa menjadi pendorong bagi keluarga keluarga kecil di dusun dan harapannya dusun dusun lain bisa meniru kegiatan ibu ibu di dusun Munggur.

Nikmati: Nasehat Gus Mus Hal Ihwal Ramadan

Moderator muhammad baihaqi mahasiswa KKN IIQ an nur yogyakarta berharap adanya sosialisasi kajian ekonomi syariah dengan tema muamalah keluarga ibu ibu bisa memahami tentang dasar ekonomi syariah mulai dari muamalah seperti memahami akad dan praktek dalam muamalah dalam kehidupan sehari hari dan berbagi infomasi ini kepada keluarganya Acara sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh ibu ibu dusun munggur acara ditutup dengan makan kue pisang bersama serta ramah tamah.

Demi Pertumbuhan Kesejahteraan, KKN IIQ An Nur Adakan Pelatihan Ekonomi Syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *