English:  Meningkatkan  Prestige dan Kualitas Produk

Esai, Literasi273 Dilihat

English  Meningkatkan  Prestige dan Kualitas Produk

Penguasaan Bahasa Inggris menjadi semakin penting di era globalisasi sekarang ini. Hampir semua sumber informasi global dalam berbagai aspek kehidupan, seperti sains, teknologi, ekonomi, dan budaya, menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Crystal (2000) menegaskan bahwa bahasa Inggris telah menjadi bahasa global, yang berarti digunakan oleh berbagai bangsa untuk berkomunikasi satu sama lain di seluruh dunia.Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi yang digunakan oleh banyak organisasi internasional dan perusahaan multinasional untuk meningkatkan komunikasi bisnis dan branding produk mereka. Hal ini diperkuat oleh penelitian Richards & Rodger (1986) yang menunjukkan bahwa bahasa Inggris menjadi alat komunikasi utama dalam berbagai pertemuan penting tingkat internasional.

Penggunaan bahasa Inggris dalam situs web, konten online, dan media sosial dapat membantu pelaku bisnis meningkatkan visibilitas produk mereka. Menurut Mihaballo et al. (2012), bahasa Inggris adalah bahasa “gengsi” yang dapat meningkatkan citra dan nilai pembicara di mata orang lain. Kemampuan berbahasa Inggris pun dapat meningkatkan “nilai jual” seseorang. Hal penting lainnya dalam hal kebahasaan adalah penggunaan bahasa persuasif untuk menarik minat konsumen, (Wibowo & Kristina, 2015).

Jangan Lewatkan: Strategi Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Fenomena penggunaan bahasa Inggris di Indonesia, khususnya dalam produk bisnis, semakin marak. Banyak bisnis kuliner yang menggunakan nama bahasa Inggris, seperti Hara Chicken, Jogja Chicken, dan menu makanan & minuman seperti quick chicken, fried rice, milk shake, dan lain-lain.

Kondisi di mana prestige meningkat, kebutuhan pengakuan di media sosial, dan ketersediaan akses internet gratis memberikan peluang bagi konsumen untuk menunjukkan eksistensi mereka di dunia maya. Itulah sebabnya tempat usaha contohnya usaha kuliner dengan gaya ke-inggris-an ini jauh lebih diminati oleh para kamu muda. Rasa prestige pada diri  mereka akan muncul  setelah mengunjugi dan makan di tempat tersebut. Mereka memilih tempat makan tersebut untuk berfoto dan bersosialisasi di media sosial, dan merasa bangga setelah mengunjunginya.

Menurut Fitriani (2012), modal dan bekal yang cukup merupakan prasyarat bagi seorang pengusaha untuk mencapai kesuksesan. Salah satu bekal penting yang tak boleh diabaikan adalah kemampuan berbahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris akan memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha yang dirintis.

Beberapa manfaat bahasa Inggris dalam dunia bisnis  meliputi:
  • Komunikasi Bisnis: Kemampuan berbahasa Inggris memungkinkan pengusaha untuk berkomunikasi secara efektif dengan mitra bisnis, klien, dan stakeholder lainnya melalui surat menyurat, email, dan korespondensi bisnis lainnya.
  • Pelaporan dan Promosi: Kemampuan menulis laporan bisnis yang baik dan profesional dalam bahasa Inggris sangatlah penting untuk menyampaikan informasi penting kepada stakeholder dan klien. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa ideal untuk mempromosikan produk dan layanan kepada audiens global, meningkatkan peluang penjualan, dan memperluas jangkauan pasar.
  • Pelayanan Konsumen dan Komunikasi Internasional: Kemampuan berbahasa Inggris yang baik menunjang pelayanan konsumen yang prima, memungkinkan pengusaha untuk memahami kebutuhan dan keluhan pelanggan dengan lebih baik, dan menyelesaikan masalah dengan lebih efektif. Bahasa Inggris juga membuka pintu bagi pengusaha untuk berpartisipasi dalam konferensi internasional, pameran dagang, dan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis global.
  • Memperkaya Referensi: Literatur dan sumber informasi bisnis yang paling banyak tersedia dalam bahasa Inggris. Kemampuan membaca dan memahami informasi dalam bahasa Inggris dapat membantu pengusaha untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru yang bermanfaat bagi pengembangan bisnis mereka.
Jangan Lewatkan: Polemik! Anggota DPD RI Anjurkan Kebijakan Tapera Dikaji, Gus Hilmy Tawarkan Solusi Baru

Ada  berbagai aspek branding dan pemasaran produk yang memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audien yang lebih luas dalam meningkatkan peluang sukses di pasar global yang meliputi aspek aspek berikut ini:

  1. Nama Produk dan Slogan
  • Nama Produk: Memilih nama produk yang menarik dan mudah diingat dalam bahasa Inggris sangat penting untuk menarik perhatian audiens global. Nama produk harus mencerminkan identitas merek dan mudah diucapkan dalam berbagai bahasa.
  • Slogan: Slogan yang efektif dalam bahasa Inggris dapat menyampaikan pesan merek dengan jelas dan ringkas, serta meninggalkan kesan yang kuat pada audiens. Slogan harus mudah diingat dan relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
  1. Label Produk dan Kemasan
  • Informasi Produk: Label dan kemasan produk harus menyertakan informasi yang jelas dan lengkap tentang produk dalam bahasa Inggris, termasuk bahan-bahan, petunjuk penggunaan, dan informasi keamanan. Hal ini untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan internasional dan memberikan informasi yang dibutuhkan kepada konsumen global.
  • Desain Kemasan: Desain kemasan yang menarik dan informatif dalam bahasa Inggris dapat meningkatkan daya tarik produk dan membantu membedakannya dari pesaing. Desain kemasan harus mempertimbangkan budaya dan preferensi audiens global.
  1. Situs Web dan Materi Pemasaran
  • Situs Web: Buat situs web yang informatif dan menarik dalam bahasa Inggris yang mudah dinavigasi dan diakses oleh pengunjung dari seluruh dunia. Situs web harus menyertakan informasi tentang produk atau layanan, perusahaan, dan tim, serta menyediakan cara mudah untuk menghubungi perusahaan.
  • Materi Pemasaran: Kembangkan materi pemasaran yang menarik dan efektif dalam bahasa Inggris, seperti brosur, selebaran, dan email marketing, untuk menjangkau audiens global. Materi pemasaran harus disesuaikan dengan budaya dan preferensi target pasar.
  1. Iklan dan Promosi
  • Iklan: Buat iklan yang menarik dan efektif dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan platform dan audiens target. Iklan harus menyampaikan pesan merek dengan jelas dan mendorong tindakan dari audiens.
  • Promosi: Gunakan berbagai strategi promosi dalam bahasa Inggris, seperti media sosial, influencer marketing, dan program loyalitas pelanggan, untuk menjangkau audiens global dan meningkatkan kesadaran merek.
Jangan Lewatkan: Obrolan Kelas Gardu Soal Masa Jabatan Kades
  1. Media Sosial
  • Interaksi: Gunakan media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai negara dalam bahasa Inggris. Jawab pertanyaan, tanggapi komentar, dan adakan percakapan untuk membangun hubungan dan menciptakan komunitas online yang kuat.
  • Konten: Buat konten yang menarik dan informatif dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens target. Konten dapat berupa artikel, video, infografis, dan format lainnya.
  1. Kolaborasi
  • Influencer Marketing: Berkolaborasi dengan influencer global dalam bahasa Inggris untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan kredibilitas merek. Pilih influencer yang selaras dengan nilai dan target pasar merek.
  • Mitra Bisnis: Bermitra dengan bisnis internasional untuk memperluas jangkauan pasar dan menawarkan produk atau layanan baru kepada pelanggan global. Pastikan untuk memilih mitra bisnis yang memiliki reputasi baik dan nilai-nilai yang sama.

Banyak perusahaan dari berbagai industri bertaraf international sukses menjalankan bisnisnya secara global dengan memanfaatkan bahasa Inggris dalam strategi branding dan pemasaran mereka. Dapat di lihat pada Industri teknologi merk ternama seperti   Apple, Samsung, dan Google telah membangun citra brand global yang prestisius dengan penggunaan bahasa Inggris yang efektif dalam branding dan pemasaran produk mereka. Pada bidang Industri fashion kita bisa melihat merek ternama international sepererti  Gucci, Louis Vuitton, dan Dior telah berhasil menjangkau pasar internasional dan membangun reputasi premium dengan menggunakan bahasa Inggris dalam kampanye pemasaran mereka. Serta dapat kita temukan pada industri otomotif Merek ternama BMW menggunakan bahasa Inggris untuk membangun citra brand global yang handal dan inovatif.

Jangan Lewatkan: Harmoni Agama dan Sains: Mencari Kesadaran yang Lebih Holistik

Tidak di pungkiri Bahasa Inggris merupakan salah satu  kunci utama untuk meningkatkan prestige  dan daya tarik produk di era globalisasi. Dengan menggunakan bahasa Inggris secara strategis dalam branding dan pemasaran produk, para pelaku bisnis dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas, menjangkau pasar internasional, membangun citra brand yang prestisius, dan mencapai kesuksesan global.

Dhian Marita Sari, M.Pd, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu tarbiyah Madani ( STITMA) Yogyakarta. dhianmarita.sari@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *