Pertandingan Voli di Petoyan Mengompakkan Kemerdekaan

Gunung Kidul, ejogja ID – Pertandingan voli di Petoyan mengompakkan kemerdekaan. Tahun ini Padukuhan Petoyan kembali menggelar pesta penyambutan Hari Kemerdekaan  Indonesia yang ke-77 dengan meriah. Karena, banyak orang dapat berpartisipasi merayakan pertambahan umur Bangsa Indonesia. Sudah dua tahun sejak adanya wabah Covid-19 acara ini terpaksa ditiadakan. Petoyan memang memiliki tradisi penyambutan kemerdekaan Indonesia tiap tahunnya. Beragam pertandingan dan lomba-lomba digelar yang bisa diikuti oleh warga setempat, mulai kalangan anak-anak hingga lansia, laki-laki maupun perempuan.

Tahun sebelumnya, hanya diadakan lomba yang mengatasnamakan perwakilan Karang Taruna se-Gunung Kidul. Lomba tersebut ialah menghias gapura di masing-masing dusun. Saat ini dikarenakan setiap warga sudah boleh ikut berperan serta, maka perlombaan kembali digelar di masing-masing dusun. Di Petoyan, Karang Taruna kembali mengadakan Turnamen Bola Voli, yang memang merupakan pertandingan rutin yang biasa dilaksanakan selama lima tahun berturut-turut.

Jangan Lewatkan: Cantik Mana Dibanding Bidadari?

Acara ini dibuka pada tanggal 22 Juli, pukul 20.00 WIB di Balai Dusun Petoyan. Saat itu juga pertandingan mulai dilaksanakan. Dalam sebuah grup merupakan perwakilan dari masing-masing RT yang ada di Dusun Petoyan. Di sela-sela pertandingan, diisi dengan pembagian doorprize bagi nomor kupon yang terpilih. Pihak yang menyumbangkan doorprize diminta untuk memberikan hadiah kepada pemenang, termasuk perwakilan KKN Reguler Kelompok 29 UIN Sunan Kalijaga.

Tidak hanya berkesempatan untuk memberikan hadiah kepada pemenang undian, mahasiswa KKN juga ikut berpartisipasi dalam pertandingan Voli, baik laki-laki maupun perempuan. Grup KKN putri mendapat giliran bertanding melawan grup OP3 (Organisasi Pemuda Pelajar Petoyan) putri pada 25 Juli.

“Saya merasa senang dan kagum dengan adanya kegiatan Voli antar RT tersebut, karena hal ini dapat meningkatkan kekompakan antar warga. Kemudian dapat menghidupkan kembali euforia olahraga setelah dua tahun vakum karena adanya pandemi.”, kesan Anita Ayu, mahasiswa KKN, setelah ikut serta dalam pertandingan Voli.

Baca Juga: Padukuhan Petoyan Tepis: Gunung Kidul Daerah Minim Air

Pertandingan Bola Voli ini akan dilangsungkan sampai tanggal 8 Agustus. Menurut Dita Prasetya, Ketua Karang Taruna, acara ini selain bertujuan untuk memperingati HUT RI yang ke-77, juga untuk menjalin tali silaturahmi antar pemuda supaya semakin kompak dan semakin maju. Selain itu, agar kegiatan malam para pemuda Petoyan menjadi bermanfaat.

“Harapan saya, menanamkan jiwa nasionalisme kepada seluruh warga Petoyan, kemudian semoga semakin menciptakan warga yang rukun, dan menanamkan kekompakan antar kepemudaan.”, ungkap Mas Dita Pertandingan voli di Petoyan mengompakkan suasana kemerdekaan itu.

 

Penulis: Lisa | Editor: MR

ejogja

Pusat Info Pendidikan

One thought on “Pertandingan Voli di Petoyan Mengompakkan Kemerdekaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

006290