Padukuhan Petoyan Tepis: Gunung Kidul Daerah Minim Air

ejogja ID – Padukuhan Petoyan tepis persepsi, bahwa Gunung Kidul merupakan daerah minim air. Gunung Kidul, Masyarakat Yogyakarta yang berada di daerah perkotaan seringkali berpikir bahwa Gunung Kidul, salah satu kabupaten yang berada di sebelah utara, merupakan daerah yang sulit ditemukan air. Begitu juga dengan mahasiswa yang sedang memasuki semester pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kebanyakan mereka menghindari daerah Gunung Kidul untuk dijadikan tempat KKN. Contohnya saja mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Fenomena ini dibuktikan dengan lebih banyaknya pendaftar KKN Mandiri ke daerah Jogja Kota, seperti Sleman dan Bantul. KKN Mandiri membebaskan mahasiswa bersama kelompoknya memilih lokasi KKN sendiri.

Jangan Lewatkan: Cinta dan Akal

Berbeda dengan KKN Reguler yang lokasi dan anggota kelompoknya ditentukan oleh pihak kampus, yakni LPPM (Lembaga penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat) UIN Sunan Kalijaga. Total kelompok KKN Reguler angkatan 108 ialah 118, dengan lima lokasi pembagian, yakni Kabupaten Gunung Kidul, Sleman, dan Bantul yang berada di Provinsi Yogyakarta, serta Kabupaten Demak dan Klaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Mayoritas penempatan KKN Reguler berlokasi di Gunung Kidul, yaitu sebanyak 82 kelompok. Salah satunya berada di Padukuhan Petoyan, Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari yang ditempati kelompok 29.

Ambil Saja: Beasiswa dalam dan luar Negeri

Petoyan berbeda dengan kebanyakan daerah yang sulit air di Gunung Kidul. Alih-alih kesusahan mendapat air, padukuhan ini justru memiliki sumber air yang bisa digunakan untuk minum, mandi, dan mencuci secara gratis. Sumber ini berjumlah dua, satu berada di wilayah RT 07 dan satu lagi berada di wilayah RT 01. Kedua sumber ini kemudian dibangun menjadi bertembok sejak 2013.

“Di sini memang berbeda dengan desa-desa sebelah. Alhamdulillah dari dulu tidak pernah kekurangan air. Paling kalau musim kemarau alirannya saja yang kecil.”, kata Mbah Lajem saat ditemui di sumber air RT 07 kala hendak mencuci.

Jangan Lewatkan: Waduh! ASN Kepala Bidang Pendidikan DIY Tersangka Korupsi

Kelompok 29 KKN Reguler tidak menyangka bahwa Petoyan merupakan daerah yang melimpah air. Ini menghilangkan kekhawatiran akan sulitnya mendapat pasokan air untuk minum, mandi, dan mencuci. Petoyan merupakan padukuhan yang ramah untuk dijadikan tempat KKN karena airnya yang selalu mengalir.

 

Penulis: Lisa | Editor: MR

ejogja

Pusat Info Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

001886