KKN Tematik 108 di PP Harapan Ar-Risalah Bantul Yogyakarta

ejogja.ID, Bantul – UIN Sunan Kalijaga tengah mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satu kelompok KKN tersebut ialah KKN tematik 108 di PP Harapan Ar-Risalah Bantul Yogyakarta. KKN 108 merupakan kelompok KKN Tematik. KKN ini mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat melalui Green Environment di Pondok Pesantren”. Pada tanggal 8 Juli 2022, pihak LPPM UIN Sunan Kalijaga mengadakan penyerahan kelompok KKN 108 kepada pihak pesantren. Turut hadir dalam penyerahan ini Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Siti Aminah, S.Sos.I, M.Si. Hadir pula Dr. Astrik Hanjarwati, M.A., selaku perwakilan dari LPPM UIN Sunan Kalijaga.

Jangan Lewatkan Baca Juga: Kisah Kiai Andi dan Kiai Hakim

Acara ini diisi oleh sambutan-sambutan dari DPL, Perwakilan LPPM UIN Sunan Kalijaga, pengasuh PP. Ar-Risalah, KH. Fajar Abdul Bashir, M.Si. dan ketua KKN Tematik 108. Siti Aminah, sebagai DPL, menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak pesantren. Aminah menambahkan bahwa pemilihan pesantren ini sebagai kelanjutan dari KKN tahun sebelumnya yang juga bertugas di pesantren ini. Sementara itu, Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., MA, via zoom, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak pesantren.

KH. Fajar Abdul Bashir, M.Si dalam sambutannya, menyampaikan 3 poin. Pertama, ungkapan terima kasih atas perkenanan UIN Sunan Kalijaga mengutus salah satu kelompok KKN-nya ke pesantren tersebut. Kedua, anggota KKN tidak akan dibebankan kegiatan baru. Tugas mereka hanya berpartisipasi dalam kegiatan yang sudah terprogram di pesantren. Ketiga, KKN di pesantren tidak ruwet, karena anggota KKN cukup manut-manut saja. Mereka tidak perlu memikirkan secara panjang lebar apa kegiatan yang akan berlangsung. Sebaliknya, mereka hanya diminta partisipasinya dalam kegiatan yang sudah ada.

Pilih yang Unggul: PPDB RA Masyithoh Unggulan Sanden Bantul Yogyakart

Terakhir, sambutan dari ketua KKN tematik 108 di PP Harapan Ar-Risalah Bantul Yogyakarta, Nur Insyaffana Kayla Oktaviona. Dia menyampaikan program prioritas KKN ini yang bertajuk PeKa (Pembalut Kain). Dalam sambutannya, KKN Tematik 108 ini tidak akan berjauhan dari isu-isu lingkungan. KH. Fajar menuturkan bahwa prioritas paling utama KKN ini ialah membentuk karakter santri. Artinya, santri mendapat contoh agar tidak membuang sampah sembarangan. Dengan harapan, penumbuhan karakter ini juga menular pada wali santri. Sebab, tidak jarang wali santri yang justru membawa sampah plastik, bukan oleh santrinya sendiri. (Aldy)

ejogja

Pusat Info Pendidikan

2 komentar pada “KKN Tematik 108 di PP Harapan Ar-Risalah Bantul Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

004937