Peran Perempuan dalam Pendidikan

Yuli Nur Aini

Pendidikan adalah faktor terpenting dalam pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia). Pendidikan sebagai kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga manusia sangat membutuhkan pendidikan. Edukasi dapat diartikan sebagai usaha yang dilakukan untuk menyiapkan pribadi menjadi lebih cerdas secara intelektual, spiritual, dan emosional. Kemudian pendidikan juga sangat penting dalam Islam, karena dengan adanya pendidikan, ilmu pengetahuan (baik ilmu pengetahuan agama ataupun ilmu pengetahuan umum) dapat disebarluaskan.

Pendidikan juga dapat mengangkat derajat manusia. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran surah al-Mujadalah ayat 11, yang artinya : “wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “berilah kelapangan di dalam majelis-majelis’”maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan “berdirilah kamu” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan.”

Jangan Lewatkan Baca Juga: Kurban Bergilir: Sekarang Suami, Tahun Depan Istri?

Hingga saat ini, peran perempuan belum bisa teroptimalisasikan karena adanya potensi dan sumber daya perempuan yang masih kurang. Ketika ajaran Islam muncul, semua hal yang merendahkan perempuan dihilangkan, dan hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai dan kehormatan perempuanpun mulai ditingkatkan. Perempuan diposisikan sebagai manusia merdeka dan mulia. Jadi, setiap laki-laki maupun perempuan sama-sama diwajibkan untuk menuntut ilmu. Dengan begitu, perempuan memiliki haknya yang wajib dipenuhi, yaitu memperoleh pendidikan yang setara dengan laki-laki.

Di dalam Al-Quran juga dijelaskan bahwa Islam mengangkat derajat perempuan setara dengan laki-laki, sebagaimana firman Allah dalam QS Al Baqarah ayat 228: “Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf. Akan tetapi para suami, mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada istrinya dan Allah maha perkasa lagi maha bijaksana”.

Islam memberi ruang dan dimensi bagi para perempuan untuk berperan bagi bangsa dan agamanya. Peran tersebut berguna untuk meningkatkan derajat perempuan di kalangan masyarakat, di mana keberadaannya tidak dibatasi (baik oleh lembaga kecil seperti keluarga, maupun di wilayah yang lebih luas seperti masyarakat umum). Posisi perempuan seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran bahwa perempuan itu sama dengan laki-laki.

Baca Juga: Edisi Pamungkas Seputar Pendidikan

Hal apapun yang menjadi latar belakang perbedaan tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk menjustifikasi satu sama lain, karena hak pempuan dan laki-laki dalam segala bidang itu sama. Bahkan sudah seharusnya para kaum perempuan memegang peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan bagi perempuan merupakan suatu hal yang sangat urgen, lebih-lebih di era milenial seperti saat ini. Memberikan pendidikan kepada perempuan merupakan hal yang sangat penting. Ini juga merupakan suatu keharusan yang mendasar demi martabat dan peradaban bangsa yang kuat. Sehingga diharapkan para kaum perempuan dapat memainkan perannya dengan baik sebagai masyarakat yang produktif dan berguna bagi sesama.

 

Yuli Nur Aini, Mahasiswi Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IIQ An Nur Yogyakarta.

ejogja

Pusat Info Pendidikan

One thought on “Peran Perempuan dalam Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

004938