Kampus Janabadra Yogya Masih Diskusikan Ibu Kota

ejogja.ID – Pada Jum’at, (25/2/2022), Kampus Janabadra Yogya masih diskusikan Ibu Kota, yaitu Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT UJB) mengadakan stadium general. Kegiatan bertemakan, “Membangun Smart City untuk Ibu Kota Negara (IKN)”. Kegiatan ini mendatangkan Prof. Selo, M.T, M.Sc, Ph.D, Guru Besar Bidang Teknik Elektro dan Dekan Fakultas Teknik UGM, sebagai narasumber. Stadium general ini adalah pembuka bahwa kegiatan akademik semester genap periode 2021-2022 di FT UJB telah dimulai.

Jangan Lewatkan Baca Juga: Pola Pikir Apresiatif

Menurut Prof. Selo, Ibu Kota Nusantara telah diputuskan oleh pemerintah. Karena sudah ada keputusan, maka–tambahnya–perlu ada tahapan pra konstruksi. Selain itu, juga perlu ada tahap pasca konstruksi. Semua itu membutuhkan tenaga kerja yang handal dan piawai. Prof. Selo menambahkan bahwa perguruan tinggi, khususnya fakultas teknik bisa menghasilkan sumber daya manusia yang unggul mengenai tahap konstruksi. Mereka bisa mengisi kebutuhan IKN akan sumber daya manusia (SDM).

“Untuk itu, bagi mahasiswa di Program Studi Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Informatika FT UJB perlu mengetahui kebutuhan Smart City di Ibu Kota Negara Nusantara,” terangnya.

Ikuti: Cara Daftar LPDP 2022 Gelombang 1

Ryan Setyawan, S.Kom, M.Eng, selaku ketua prodi Informatika FT UJB bertindak sebagai moderator dalam stadium general ini. Kegiatan ini diadakan secara luring. Karena itu, mahasiswa mengikutinya secara virtual lewat Zoom. Pemerintah mencanangkan IKN Nusantara sebagai smart forest city (kota yang ramah lingkungan). Menurut Prof. Selo, rencana ini membutuhkan partisipasi dari semua disiplin ilmu. Jadi, tidak hanya ilmu teknik yang berperan di situ. Tidak hanya itu, pembangunan manusia yang smart harus menjadi prioritas utama IKN Nusantara. Setelah itu, penting bagi SDM yang berpartisipasi dalam IKN Nusantara untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Ini bisa berupa Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI) dan Big Data.

“Untuk mewujudkan IKN sebagai smart forest city juga sangat memerlukan komitmen dan dukungan dari pengambil kebijakan,” tegasnya pada kegiatan kampus Janabadra Yogya yang diskusikan Ibu Kota itu.

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Juara 3 Lomba Debat Bawaslu

Titiek Widyasari, S.T, M.T, selaku Dekan FT UJB menyatakan bahwa tema membangun smart city untuk IKN bertujuan merangsang sumbangsih kajian akademik demi mewujudkan kota yang pintar. Ini dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara aman. (Aldy).

ejogja

Pusat Info Pendidikan

2 komentar pada “Kampus Janabadra Yogya Masih Diskusikan Ibu Kota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

001887