UIN Sunan Kalijaga Juara 3 Lomba Debat Bawaslu

ejogja.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) adalah wakil rakyat dalam menjaga netralitas hasil Pemilihan Umum (Pemilu). Karena itu, badan yang satu ini bertugas menyerap aspirasi. Salah satu aspirasi ialah pengetahuan dan wawasan mengenai pemilihan. Bawaslu merealisasikannya dalam bentuk lomba. Melalui lomba, Bawaslu tidak hanya menyerap pengetahuan, tapi juga mengajak rakyat untuk ikut serta memikirkan. Perwakilan rakyat yang berpotensi dalam hal ini adalah mahasiswa. Oleh sebab itu, Bawaslu kemudian menyelenggarakan lomba debat antarkampus dengan tema utama pemilihan umum. Lomba sekaliber nasional ini kemudian menyita banyak pendaftar, tidak terkecuali UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Baca Juga: Masa Kian Maju, Rasa Kian Layu

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga menyabet dua prestasi pada perhelatan lomba yang diadakan oleh Bawaslu, R.I. mereka menyabet juara 3 Lomba Debat Bergengsi dan penghargaan sebagai Best Speaker. Adalah delegasi dari Fakultas Syariah dan Hukum yang sukses menjadi juara 3 dalam Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia Ke-11 Tahun 2022.

“Mereka yang menyumbangkan prestasi adalah Rahmatika Monati, mahasiswi program studi Ilmu Hukum, Faraz Almira Arelia dan Enika Maya Oktavia. Keduanya dari program studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Hukum,” ucap Muhammad Mahyudin, S.H., M.A, Kepala Bagian Tata Usaha dan Kehumasan UIN Sunan Kalijaga pada Kamis (24/2/2022).

Tim delegasi UIN Sunan Kalijaga berhasil mendulang juara ketiga usai mengalahkan tim delegasi UIN Sunan Gunung Djati, Bandung dengan mosi KPU Wajib Melaksanakan Rekomendasi Bawaslu dalam Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Jangan Lewatkan Baca Juga: Mengenal TOEFL secara Akurat dan Selamat

Selain menjadi juara 3 lomba debat, Rahmatika Monati, selaku anggota tim delegasi UIN Sunan Kalijaga menyabet penghargaan Best Speaker (Pembicara Terbaik). Total ada 276 kampus yang berpartisipasi dalam lomba tersebut. Dalam lomba ini, tim delegasi UIN Sunan Kalijaga berhasil lolos pada babak final. Mereka bersanding dengan tim delegasi dari Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah dan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Pada acara penutupan, artis Choky Sitohang berperan sebagai moderator. Semua pimpinan Bawaslu, termasuk Gunawan Suswantoro, selaku Sekjen Bawaslu hadir menyemarakkan penutupan kegiatan tersebut. (Aldy).

Ambil: Beasiswa S2 Kominfo Tahun Akademik 2022

ejogja

Pusat Info Pendidikan

One thought on “UIN Sunan Kalijaga Juara 3 Lomba Debat Bawaslu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

009147