Lomba demi Pariwisata Berkualitas

Gunungkidul, ejogja.ID – Edge Resort Yogyakarta menggelar lomba mengolah makanan tradisional dan Housekeeping. Lomba ini melibatkan siswa SMKN 1 Purwosari dan SMKN 3 Wonosari. Tebing Samudera Farsijana Adeney Risakotta, selaku Komisaris PT. Resor, menyatakan bahwa lomba tersebut adalah dukungan terhadap siswa untuk bergelut di dunia kerja. Lomba demi pariwisata berkualitas.

Jangan Lewatkan Ambil: Beasiswa S2 Khusus Perempuan

Kegiatan ini berlokasi di Joglo Adi Satrio. Lomba masak makanan tradisional mengikutsertakan 5 kelompok peserta. Setiap peserta terdiri dari 2 orang dari dua SMK di muka. Sebaliknya, lomba Housekeeping melibatkan 5 orang dari masing-masing sekolah. “Jumlah peserta adalah 20 orang untuk lomba olahan masakan tradisional dan 10 orang yang mengikuti lomba housekeeping,” terang Tebing Samudera.

Tidak tanggung-tanggung, lomba ini mendatangkan juri dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM), Fakultas Bisnis. Tebing Samudera menjelaskan bahwa pariwisata di kabupaten Gunungkidul mesti menyiapkan diri. Hal itu melalui penyediaan tenaga kerja yang terampil. Keterampilan itu mesti juga bertopang kemampuan internasional.

Baca Juga: Cerita Aib Sendiri Bukan Rendah Hati

Kemampuan internasional penting, mengingat Yogyakarta pada umumnya adalah salah satu destinasi rekreasi para turis, baik domestik maupun mancanegara. Tidak terkecuali kabupaten Gunungkidul. Kemampuan internasional di Gunungkidul bertujuan sebagai bekal dalam mengisi dunia perhotelan di Gunungkidul. Gunungkidul sendiri adalah salah satu kota di Yogyakarta yang banyak menyedot turis asing. Pasalnya, kabupaten yang satu ini menawarkan aneka ragam panorama, mulai dari hutan hingga pantai. Pantai biasanya merupakan ladang segar bagi para turis yang mendamba kenikmatan pemandangan alam. “Keindahan alam pantai, hutan dan perbukitan karst menjadi daya tarik wisata yang perlu diimbangi dengan penyediaan tenaga kerja terampil,” pungkas Tebing Samudera Farsijana Adeney Risakotta. Lomba demi pariwisata berkualitas ini perlu dicanangkan secara baik. 

Cari Info Lowongan Kerja? Loker Guru MBS Prambanan Sleman Yogyakarta

Lomba yang diadakan oleh Edge Resort Yogyakarta bertujuan mengenalkan industri wisata berkualitas kepada para siswa. Tidak hanya itu, lomba ini juga bermaksud memperkenalkan dunia perhotelan. Ini supaya dunia perhotelan tidak kekurangan tenaga kerja. Dengan begitu, para siswa bisa menjadi lowong-lowong di dunia perhotelan ke depannya. Tentu saja, pengenalan dunai perhotelan juga berfungsi meningkatkan kualitas hotel di Gunungkidul selama ini. Dengan begitu, turis domestik dan mancanegara bisa tertarik dan betah berlama-lama di sana. (Aldy).

Author:

Pusat Info Pendidikan

1 comment

Leave a comment