Beasiswa S2 Khusus Perempuan

ejogja.ID – Beasiswa biasanya berlaku secara umum, baik laki-laki maupun perempuan. Kini, ada beasiswa khusus perempuan. Khusus perempuan, karena ternyata banyak bidang yang rata-rata diisi oleh kaum Adam. Akibatnya, timbul ketimpangan. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya akses bagi perempuan menuju pendidikan. oleh karena itu, sangat penting membuka beasiswa S2 khusus perempuan. 

Ambil: Loker Guru MBS Prambanan Sleman Yogyakarta

Kini, British Council membuka peluang beasiswa bagi para perempuan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Beasiswa ini bertajuk British Council Scholarship for Women in STEM. Beasiswa tersebut berlaku untuk perempuan yang bermaksud melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan hendak berkarir di bidang sains, teknologi, teknik, matematika (Science, Technology, Engineering, and Mathematics atau STEM).

Melansir data UN Scientific Education and Cultural Organization (UNESCO), kurang dari 30 persen peneliti di dunia adalah perempuan pada tahun lalu. Selain itu, 30 persen mahasiswa jurusan STEM adalah perempuan. Beasiswa ini khusus perempuan, karena ranah STEM masih kekurangan perempuan. Rata-rata pelajar dan penelitinya adalah kaum Adam. Berikut rincian beasiswa tersebut.

Cakupan Beasiswa
  1. Bergelar sarjana di perguruan tinggi Inggris yang unggul dalam ranah STEM.
  2. Tunjangan ekonomi yang meliputi biaya kuliah, tunjangan, biaya perjalanan, visa dan biaya kesehatan.
  3. Dukungan spesial untuk perempuan yang sudah menjadi ibu.
  4. Dukungan bahasa Inggris.
Kriteria
  1. Berwarganegara Bangladesh, Kamboja, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Thailand, Vietnam.
  2. Dapat kuliah di UK mulai September/Oktober 2022 hingga 2023.
  3. Mengajukan bukti butuh finansial.
  4. Memiliki ijazah S1.
  5. Aktif di salah satu bidang STEM dengan menunjukkan bukti pengalaman kerja dan ketertarikan terhadap jurusan yang dipilih.
  6. Kemampuan bahasa Inggris yang memadai.
Proses beasiswa S2 khusus perempuan

Pendaftar harus membuat aplikasi pendaftaran langsung kepada kampus yang terlibat dalam beasiswa ini. Batas waktu pendaftaran beragam. Secara umum, pendaftaran buka pada 28 Februari dan tutup pada 10 April 2022. Beasiswa ini barangkali cukup susah, karena mengharuskan S1 di Inggris terlebih dahulu. Meski demikian, beasiswa ini setidaknya contoh betapa perempuan sangat butuh akses menuju pendidikan. 

Punulis: Aldy | Editor: MR

Info beasiswa selengkapnya juga cara mendaftar, silakan akses British Council

ejogja

Pusat Info Pendidikan

3 komentar pada “Beasiswa S2 Khusus Perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

004938