Bermain dan Belajar di Lapangan Minggiran MJ Yogyakarta

ejogja.ID – Gelaran Buku di Lapangan Minggiran (Gebu Laming) mengadakan kegiatan literasi untuk ke-20 kalinya. Bergerak sebagai penggerak acara ini Forum Taman Bacaan Masyarakat, JBM se-kecamatan Mantrijeron, Kampung Baca Suryodiningratan. Acara kali ini mengangkat agenda Gelaran Cerita dan Kreativitas bersama Kak Bahri dari Kutub Yogyakarta. Bermain dan belajar di lapangan Minggiran MJ Yogyakarta.

Jangan Lewatkan Ambil: Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Acara ini bertitimangsa Minggu, 6 Februari 2022, pada pukul 07.00-09.00 WIB. Acara ini terbuka untuk umum. Peserta tidak terbatas pada anggota tetap, karena anggotanya adalah warga. Jadi, selama acara, tim pelaksana mengajak ibu-ibu dan anak-anak di sekitar lapangan Minggiran untuk nimbrung tentang permainan yang mendidik untuk buah hati mereka.

“Acara ini terinisiasi memang karena keprihatinan sebenarnya, yaitu keprihatinan akan kondisi TBM (baca: Taman Baca Masyarakat). Sebenarnya yang menjadi kekhawatiran adalah secara kuantitas, TBM yang ada itu sangat memenuhi untuk bisa menggerakkan literasi. Akan tetapi, secara dampak, belum terlihat secara maksimal. Jadi, banyaknya TBM belum berbanding lurus terhadap tingkat literasi masyarakat. Nah, setelah menganalisis itu, kemudian apa yang menjadi penyebab? Kemudian kami telusuri lagi. Ada TBM yang timbul-tenggelam, kadang muncul, kadang tenggelam. Kita lihat, kenapa ya seperti itu?”, ungkap Maya Veri Oktavia, selaku tokoh penggerak kegiatan ini.

Kompilasi Quotes Pendidikan yang Paling Menggugah Jiwa

Kegiatan ini bertujuan menyatukan TBM-TBM di Yogyakarta. Pasalnya, keberadaan TBM belum menjamin tingkat literasi. Karena itu, kebersamaan aksi sangat penting menjadi agenda.

“Kenapa kita tidak gandeng saja, toh kita memiliki visi yang sama; untuk membangun literasi yang sama. Nah, saya kemudian mencoba mengupgrade pola pikir bersama. Ketika cara berpikir kita mencapai kesepahaman, kita akan mengarah pada langkah atau gerakan yang akan kita bangun. Nah, ayo kita bareng-bareng meraih harapan kita bersama!” terangnya di gelaran buku yang asyik bermain dan belajar di lapangan Minggiran MJ Yogyakarta.

Acara santai ini dimeriahkan oleh dua kegiatan pendukung. Pertama, Gelaran Cerita. Bertindak sebagai pencerita Moh. Syaiful Bahri, santri PP. Mahasiswa Hasyim Asy’ari Yogyakarta. Kedua, Gelaran Kreativitas. Bertindak sebagai penggerak Ibu Santi. Kegiatan semakin meriah dengan hadirnya Pustaka Keliling “Puspita” Dinas Perpustakaan Kota Yogyakarta. Selain itu, alat permainan tradisional juga ditampilkan guna menyemarakkan kegiatan. Kegiatan ini berlokasi di pojok tenggara lapangan Minggiran MJ (Mantrijeron) Yogyakarta. (Aldy).

Nikmati Nasehat Puasa Ramadan Mbah Mus yang sangat menyentuh hati.

ejogja

Pusat Info Pendidikan Jogja

One thought on “Bermain dan Belajar di Lapangan Minggiran MJ Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

002900