Beasiswa Menuju Korea Selatan

ejogja.ID – Korea Selatan tidak hanya bersinar dari segi K-pop dan drama, tapi juga mentereng dari sudut pendidikan. Programme for International Student Assessment (PISA) pada 2018, melaporkan bahwa Korea Selatan menempati ranking 7 untuk kompetensi Membaca, Matematika dan Sains. Masing-masing dengan nilai 514, 526 dan 519. Sementara itu, Indonesia menempati peringkat ke-74 dari 79 negara. Skor Indonesia untuk tiga kategori secara berurutan adalah 371, 379 dan 396.

Jangan Lewatkan Ambil Juga: Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Zenius, platform melansir dari Times Higher Education World University Rankings tahun 2022 tentang 5 universitas terbaik di Korea Selatan. Salah satu dari 5 kampus terbaik ini menawarkan beasiswa. Berikut rinciannya.

1. Seoul National University (SNU)

Kampus ini sesuai namanya, berlokasi di ibu kota Korea Selatan, yaitu Seoul. Kampus ini memiliki 16 perguruan tinggi cabang, sekolah pascasarjana dan 10 sekolah pascasarjana profesional. Ini merupakan kampus yang terkenal memiliki jaringan alumni terkuat di Korea Selatan. Akses beasiswa ke kampus ini disediakan oleh Korean Government Scholarship Program (KGSP). Program ini menawarkan biaya kuliah penuh, asuransi dan tunjangan hidup sebesar Rp. 10 juta tiap bulan. Selengkapnya, bisa diakses di laman: Admission.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST adalah kampus pertama di Korea yang fokus pada sains dan teknologi. Kampus ini tidak menerapkan sistem tes untuk calon mahasiswa. Kampus ini hanya berpatokan pada nilai, surat rekomendasi dari guru si pendaftar dan pernyataan pribadi. Selain itu, kampus ini membawakan 80 persen materi kuliahnya dengan bahasa Inggris, sehingga tidak terlalu merepotkan mahasiswa mancanegara. Kampus ini membuka beasiswa KAIST Scholarship dengan tunjangan kuliah sampai lulus, biaya hidup sebesar Rp. 4,3 juta per bulan dan asuransi kesehatan. Selengkapnya tertera dalam laman: Inter Apply.

3. Sungkyunkwan University (SKKU)

SKKU adalah kampus pertama Korea yang membawakan MBA dalam bahasa Inggris secara penuh. SKKU adalah kampus terbaik ketiga di Korea. Ia terbagi pada dua kampus. Kampus pertama berlokasi di Seoul untuk Ilmu Sosial dan Humaniora. Kampus kedua untuk Ilmu Sains berlokasi di Suwon. Akses ke kampus ini bisa melalui beasiswa SKKU Scholarship atau beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP). Info lebih lanjut tersedia dalam OISS

4. Yonsei University

Ini merupakan kampus Kristen swasta yang berlokasi di Seoul, Wonju dan Songdo. Kampus ini menyediakan lebih dari 100 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Ada dua beasiswa menuju kampus ini, yaitu Yonsei University Scholarship dan Korean Government Scholarship Program (KGSP). Selengkapnya bisa lihat di Yosei.

5. Ulasan National Institute of Science and Technology (UNIST)

Kampus ini baru resmi berdiri pada 2019. Meski begitu, kampus ini cukup matang dalam hal sains dan teknologi. Kampus ini juga secara penuh membawakan mata kuliah dalam bahasa Inggris. Ada dua beasiswa menuju kampus ini, yaitu UNIST Scholarship dan Global Korea Scholarship (GKS). Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui UNIST

Penulis: Aldy | Editor: MR

ejogja

Pusat Info Pendidikan

One thought on “Beasiswa Menuju Korea Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

004938