Kunjungan Bisnis Virtual oleh PVTM UST Yogyakarta

Kunjungan Bisnis Virtual oleh PVTM UST Yogyakarta

ejogja.ID – Dunia industri akan terus mengalami pembaharuan. Pembaharuan ini penting diajarkan, supaya mahasiswa memiliki bekal wawasan dalam membangun masa depan. Hanya saja, sebelum melangkah jauh ke aneka ragam pembaharuan di dunia industri, mahasiswa perlu mengetahui pengantar tentang industri itu sendiri. Tentu, ini merupakan materi wajib bagi mahasiswa jurusan yang berhaluan dengan industri. Industri bukan ilmu teoritis. Ia adalah ilmu praktis. Karena itu, jurusan yang berhaluan dengannya mau tidak mau harus mengadakan kunjungan ke salah satu perusahaan industri. Di samping kunjungan, tentu perlu ada kegiatan tambahan, sebut saja magang. Kampus Sarjanawiyata Tamansiswa dalam hal ini merealisasikan kunjungan. Ini merupakan kunjungan bisnis virtual oleh PVTM UST Yogyakarta. 

Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (FKIP UST) mengadakan kunjungan industri virtual. Kunjungan yang biasa disebut virtual accompany visit ini ditujukan pada PT. Cahaya Bintang Olympic lewat zoom meeting.

Jangan Lewatkan Baca Juga: Predator Seksual, Harus Dibagaimanakan?

Kegiatan tersebut disemarakkan 90 peserta. Mereka antara lain Wakil Dekan FKIP, Setuju M.Pd, Kaprodi PVTM, Ir. Drs. Suparmin MT, dosen, karyawan, tamu undangan dan mahasiswa Jurusan PVTM UST. Suparmin, selaku Kaprodi menjelaskan: “Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjadikan mahasiswa PVTM handal dan berkualitas. Selain itu, (baca: kegiatan ini) sebagai implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).”

Setuju, selaku Wakil Dekan FKIP menambahkan bahwa dunia usaha dan dunia industri (Dudi) adalah bekal mahasiswa dalam menata masa depan. Karena itu, keduanya harus dioptimalkan supaya kompetensi mahasiswa bisa meningkat.

Kegiatan kunjungan bisnis virtual oleh PVTM UST Yogyakarta ini normalnya dilakukan secara langsung. Artinya, pihak kampus biasanya mengunjungi langsung perusahaan yang dituju. Hanya saja, karena pandemi Covid-19 belum sepenuhnya reda, maka kegiatan ini dihelat secara virtual. Walaupun diadakan secara virtual, mahasiswa setidaknya dapat memahami gambaran proses dan pekerjaan di dunia industri.

Suka Tulisan Ilmiah? Call for Paper

Di pihak lain, Iskandar, sebagai HRD yang menjadi narasumber PT. Cahaya Bintang Olympic, menjelaskan bahwa perusahaannya itu bergerak dalam sektor furnitur. Dalam hal ini, dia menjelaskan proses produksi perusahaan tersebut. Selain itu, dia juga menjelaskan aneka macam mesin yang dipakai dalam dunia industri. (Aldy).

Author:

Pusat Info Pendidikan

Leave a comment