Pemilihan Rektor UGM Kini Libatkan Masyarakat

ejogja.ID – Universitas Gadjah Mada (UGM) akan mengadakan seleksi bakal calon rektor dan pemilihan rektor untuk masa bakti 2022-2027. Acara ini muali pendaftaran selama 24 Januari sampai 9 Maret 2022. Prof. Dr. Subagus Wahyuono, M.Sc. Apt. Selaku ketua panitia pada Kamis (20/1/2022) menuturkan, bahwa “Tahun ini menjadi momen penting bagi UGM. Karena universitas terbesar di Indonesia ini akan melakukan seleksi bakal calon dan pemilihan rektor periode 2022-2027.” Ini merupakan pemilihan Rektor UGM yang kini libatkan masyarakat.

Persyaratan bakal calon rektor sudah ada dalam Peraturan Majelis Wali Amanat UGM No. 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada. Salah satu syaratnya ialah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), berprofesi sebagai dosen PNS atau dosen pegawai universitas. Selain itu, calon harus mempunyai komitmen terhadap pelestarian dan pengembangan nilai-nilai dan jati diri kampus.

Cari Info Penerimaan Mahasiswa Baru Kampus Jogja? Pusat Info PMB Jogja

Di samping itu, calon rektor mesti berwawasan luas mengenai pendidikan, bergelar doktor, belum berumur 60 tahun saat pelantikan sebagai rektor dan tidak pernah bermasalah pidana penjara. Ini berdasarkan keputusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap. Pidana penjara tersebut minimal 5 tahun.

Prof. Subagus menambahkan bahwa pada pemilihan kali ini, ada beberapa perubahan pada proses seleksi dan pemilihan rektor. Di antaranya ialah dilibatkannya publik dalam proses pemilihan. Ini dalam rangka memantapkan rektor terpilih dalam memimpin UGM ke depan. Publik dalam hal ini mendapat kesempatan bertanya, komentar, kritik dan saran terhadap calon rektor. Suara publik bisa melalui laman yang telah disediakan.

“Pertanyaan dan masukan ini sebagai pertimbangan oleh Panitia Kerja dalam menetapkan bakal calon rektor. Masukan tersebut memperkaya pemahaman Senat Akademik untuk menyeleksi bakal calon menjadi tiga calon rektor serta MWA memilih dan menetapkan rektor UGM periode 2022-2027,” ujarnya.

Suka Event yang Menggetarkan? Ini Event-event Sekitar Jogja

Seleksi administrasi mulai 24 Maret sampai 6 April 2022 akan yang akan berlanjut dengan Aspirasi selama 18-29 April 2022. Kegiatan selanjutnya adalah Senat Akademik selama 9-13 Mei 2022. Baru pada 17-20 Mei 2022, pemilihan dan penetapan rektor oleh Majelis Wali Amanat di gebyar. Info lebih utuh tentang pemilihan Rektor UGM yang kini libatkan masyarakat bisa diakses di seleksi Rektor UGM Yogyakarta. (Aldy).

ejogja

Pusat Info Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

001890