7 Daftar Beasiswa dalam Negeri

ejogja.id – Beasiswa ke luar negeri cukup membludak di tahun ini. Meski begitu, beasiswa dalam negeri juga tersedia cukup banyak. Beasiswa dalam negeri setidaknya ada. Pertama, beasiswa parsial yakni beasiswa untuk sebagian biaya kuliah. Kedua, beasiswa penuh yaitu beasiswa untuk semua biaya kuliah hingga wisuda. Di bawah ini informasi tentang beasiswa yang direkomendasi dalam negeri. Ini 7 daftar beasiswa dalam negeri:

  1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

KIP merupakan pengganti beasiswa Bidikmisi. Bidikmisi sendiri melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Sebagaimana Bidikmisi, beasiswa ini juga ditujukan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa KIP meliputi tunjangan biaya kuliah, tunjangan buku dan uang saku yang diberikan setiap semester. Beasiswa ini bersifat penuh. Artinya, seluruh biaya kuliah mahasiswa akan ditanggung sampai akhir masa studi. Selengkapnya tentang beasiswa KIP bisa diakses melalui Cara Daftar KIP Kuliah SNMPTN dan SBMPTN bagi Calon Mahasiswa.

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berprestasi. Seperti halnya beasiswa penuh, beasiswa unggulan menawarkan bantuan dana kuliah sampai wisuda. Adapun prestasi, selaku syarat utama beasiswa ini bisa berupa prestasi akademik atau non-akademik. Pun juga, prestasi tersebut bertaraf nasional atau internasional.

Informasi lebih lengkap tentangnya terpampang di artikel Beasiswa Unggulan 2021 Kemendikbud untuk Mahasiswa S1-S3 dan Cara Daftar.

Cari Kuliah Daerah Jogja? PMB Kampus Jogja

3. Beasiswa LPDP

LPDP adalah beasiswa yang dananya lewat Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). LPDP merupakan kerja sama antara Kemenkeu dan Kemendikbud Ristek. Beasiswa ini untuk calon mahasiswa S1, S2 hingga S3. Dana yang keluar sebesar Rp. 118-320 juta. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, asuransi, transportasi, tunjangan keluarga (bagi mahasiswa S3) dan masih banyak lagi.

4. Beasiswa APERTI BUMN

Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara yang menangani beasiswa ini. Kesempatan ini berlaku calon mahasiswa perguruan tinggi yang berada di bawah naungan APERTI BUMN.

Perguruan tinggi tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Pertamina, Telkom University (Tel-U), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi PLN (IT PLN), Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (Stimlog). Total ada 9 kampus yang berada di bawah naungan APERTI BUMN. Informasi lebih lanjut tertera dalam artikel 9 Perguruan Tinggi BUMN Buka Beasiswa Kuliah 100 Persen Yuk Daftar.

5. Tanoto Foundation

Tanoto Foundation membuka beasiswa bertajuk Beasiswa Teladan. Beasiswa ini untuk mahasiswa semester 1. Beasiswa ini tidak hanya memberikan tunjangan kuliah. Dukungan untuk menyelenggarakan Aksi Sobat Bumi dan training peningkatan kapasitas secara reguler adalah program tambahan dari beasiswa ini. Selengkapnya, bisa baca Tanoto Foundation Buka Beasiswa Mahasiswa S1, Beri Biaya Kuliah dan Hidup.

6. Quipper Scholarship Award

Quipper Scholarship Award adalah beasiswa yang diperoleh melalui lomba. Jadi, calon mahasiswa akan mengikuti lomba untuk memperebutkan beasiswa. Beasiswa ini ada yang berupa parsial, ada pula yang berupa beasiswa penuh. Informasi lebih lanjut tentangnya, bisa baca 9 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Biaya Kuliah hingga 100 Persen.

Selain 7 Daftar Beasiswa Dalam Negeri? List Beasiswa Luar Negeri

7. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Calon penerima beasiswa ini harus memenuhi empat kriteria. Pertama, kurang mampu secara ekonomi. Kedua, memiliki kemampuan akademik yang bagus. Ketiga, peduli terhadap pelestarian lingkungan. Keempat, berkomitmen terhadap pemberdayaan masyarakat. Penerima akan mendapatkan Rp. 5 juta per semester. Artinya, penerima akan mendapatkan Rp. 500 ribu tiap bulan.

Penulis: Aldy | Editor: Hidayat

ejogja

Pusat Info Pendidikan

One thought on “7 Daftar Beasiswa dalam Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

001887