Mahasiswa Magang Ditargetkan 3 Kali Lipat

Mahasiswa Magang Ditargetkan 3 Kali Lipat

ejogja.ID – Seiring dua tahun masa pandemi, geliat pendidikan kian menunjukkan semangat bangkit. Harapan baru muncul pada tahun ini, 2022. Baru-baru ini, Presiden R.I. Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2022 ini, menargetkan 150 ribu., yakni mahasiswa magang ditargetkan 3 kali lipat dari tahun sebelumnya. Magang ini merupakan realisasi program kampus merdeka. Kuantitas, target jumlah tadi sebanyak tiga kali lipat ketimbang peserta magang tahun 2021, yang sebanyak 50 ribu mahasiswa.

Suara Asli D Zawawi Imron Membacakan Puisi Masterpeace: IBU

“Tahun lalu, 50 ribu peserta dan tahun ini kita targetkan 150 ribu peserta, di mana 40 persen peserta magang adalah talenta-talenta digital yang ingin kita siapkan,” tutur Presiden Jokowi saat memberi sambutan pada HUT ke-49 PDI Perjuangan yang tayang secara virtual di Jakarta, bertitimangsa Senin.

Jangan Lewatkan Baca Juga: Pendidikan Cangkrukan untuk Penampilan

Presiden menyatakan, bahwa penggemblengan peserta program dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Karena itu, mereka bakal berpartisipasi dalam kegiatan magang di perusahaan-perusahaan terkemuka.

Presiden menambahkan program kampus merdeka adalah satu di antara sekian upaya dalam menaikkan taraf hidup rakyat. Program ini berjalan secara optimis, walaupun dalam situasi pandemik. Dalam hal pendidikan, usaha lain guna menaikkan taraf hidup adalah program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program ini menggelontorkan dana sebesar Rp. 11 triliun untuk 21 juta siswa. Adapun KIP untuk mahasiswa menelan anggaran sebanyak Rp. 9,4 triliun. KIP mahasiswa bagi 1,1 juta mahasiswa di seluruh Bumi Pertiwi. “Akses rakyat terhadap pendidikan juga terus kita jamin, utamanya untuk yang kurang mampu. Bantuan pendidikan dasar sampai tinggi terus kita lanjutkan,” ucap Presiden Jokowi.

Jangan Lewatkan: Daftar Beasiswa Pascasarjana 2022

Sebelumnya, Nadiem Makarim, selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) mengharapkan banyak pimpinan kampus menjadi duta program MBKM.

Ada banyak kegiatan dari program MBKM. Di antaranya ialah Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Selain itu, ada pula Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diupayakan dapat mendongkrak pengalaman mahasiswa dalam dunia kerja. Ini merupakan dukungan penuh terhadap mahasiswa magang. (Aldy).

Author:

Pusat Info Pendidikan

Leave a comment