Beasiswa LPDP 2022 Segera Tiba

ejogja.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal memperluas program beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) pada 2022. Hal ini karena membludaknya pendaftar pada tahun sebelumnya. Beasiswa LPDP 2022 segera tiba. “Pada tahun ini kami melihat animo dari teman-teman kami para dosen, teman-teman kami para guru, teman-teman kami dari pelaku budaya, demikian juga teman-teman dari prestasi nasional luar biasa,” kata Abdul Kahar, Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, saat menghadiri acara Silaturahmi Merdeka Belajar yang berlangsung secara daring, Kamis (30/12/2021). 

Kahar menyatakan bahwa perluasan beasiswa LPDP untuk guru dan pelaku budaya adalah transformasi baru dari Kemendikbudristek. Dalam hal ini, Kemendikbudristek berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada tahun 2021. Beasiswa LPDP pada tahun sebelumnya hanya ditujukan pada dosen. 

Cari Lowongan Kerja? Loker Jogja Tersedia

Lembaga Survei Indonesia di akhir November 2021 dan awal Desember 2021 melaksanakan survei tentang pelaksanaan transformasi dana LPDP. Hasilnya menunjukkan bahwa beasiswa LPDP menuai apresiasi tinggi, entah dari kegunaan atau pelaksanaannya. 

76,4 persen responden menilai bahwa pembiayaan mahasiswa Kampus Merdeka sangat cukup. Sementara itu, 87,8 persen responden menilai pembiayaan mahasiswa Kampus Merdeka menambah semangat mahasiswa. “Kalangan dosen dan tenaga kependidikan menilai beasiswa untuk mereka juga secara positif. Hampir semuanya (93,7 persen) menilai syarat penerimaan beasiswa sudah sangat/cukup jelas,” ungkap Djayadi Hanan dari Lembaga Survei Indonesia.

Meski begitu, masih ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan berikutnya. Djayadi menuturkan bahwa evaluasi utamanya mengarah pada transparansi. Paling tidak, sekitar 24 persen, terutama kalangan dosen menilai proses beasiswa LPDP belum transparan. Selain itu, 21 persen penerima beasiswa dari kalangan pelajar SLTA dan mahasiswa berprestasi menilai program beasiswa ini tidak transparan. 

Jangan Lewatkan Ambil Juga: Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Menyikapi keluhan tersebut, Kahar menegaskan bahwa pihaknya bakal lebih mengupayakan sosialisasi dan terobosan baru bagi beasiswa LPDP tahun 2022 segera tiba. “Kami yakin dan percaya bahwa dengan berbagai macam terobosan yang akan kami lakukan di tahun 2022 nanti, insya Allah animo masyarakat kita, para mitra-mitra kami yang ada di bawah, seperti dosen, kemudian PTK (Pendidik Tenaga Kependidikan), pelaku budaya insya Allah akan semakin tinggi,” tegas Kahar. (Aldy).

ejogja

Pusat Info Pendidikan

One thought on “Beasiswa LPDP 2022 Segera Tiba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

005042