Beasiswa S2 dan S3 Prancis, Nikmati secara Gratis

ejogja.id – Prancis merupakan salah satu negara primadona untuk kuliah. Ada banyak kesempatan kuliah gratis. Beasiswa S2 dan S3 Prancis menuju negara ini. Salah satunya adalah beasiswa Eiffel Excellence. Beasiswa ini memberikan tunjangan hingga Rp 27 juta per bulan.

Eiffel Excellence adalah program beasiswa dari Kementerian untuk Eropa dan Luar Negeri Prancis. Melansir situs campusfrance.org, program ini bertujuan membantu institusi pendidikan tinggi di Prancis untuk mendatangkan mahasiswa asing terbaik dalam menempuh jenjang S2 dan S3.

Beasiswa ini tertentu untuk dua bidang. Pertama, bidang sains dan teknik, seperti biologi dan kesehatan, transisi ekologis, matematika dan digital serta sains dan teknik. Kedua, bidang sosial dan humaniora yang terdiri dari sejarah, bahasa, dan peradaban Prancis, ilmu hukum dan politik, serta ekonomi dan manajemen.

Komponen Pendanaan

Beasiswa ini memberikan komponen pendanaan untuk gelar master selama 12 sampai 36 bulan dan komponen doktoral guna menyokong penelitian hingga 12 bulan di Prancis. Itu sebagai bagian dari program doktor bersama.

Mahasiswa jenjang S2 bakal menerima tunjangan bulanan sebesar €1181 atau sekitar Rp 19,2 juta (kurs Rp 16,266). Lain lagi dengan tiket pesawat pulang pergi, perjalanan kereta api dari bandara ke lokasi studi atau transportasi lokal sebagai penggantinya, asuransi kesehatan dan kegiatan budaya.

Sementara itu, mahasiswa jenjang S3 akan memperoleh tunjangan bulanan sebesar € 1700 atau sekitar Rp 27,6 juta (kurs Rp 16,266). Mahasiswa juga akan menerima komponen lainnya sebagaimana halnya program master.

Jangan Lewatkan Ambil Juga: Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Kriteria Pendaftar Beasiswa Eiffel Excellence

  • Bukan warga negara Prancis. Calon mahasiswa yang memiliki dua kewarganegaraan dan salah satunya adalah Prancis tidak memenuhi syarat.
  • Pendaftar program master harus berusia 25 tahun ke bawah pada saat pendaftaran atau yang lahir setelah tanggal 31 Maret 1996.
  • Pendaftar program doktor harus berusia 30 tahun ke bawah pada saat pendaftaran atau yang lahir setelah tanggal 31 Maret 1991.
  • Aplikasi yang boleh digunakan hanya yang diajukan oleh institusi pendidikan Prancis. Setiap pendaftar yang dicalonkan oleh lebih dari satu institusi bakal didiskualifikasi.
  • Beasiswa ini hanya untuk mahasiswa yang ingin mendaftar jenjang S2 di Prancis (termasuk di sekolah teknik) dan untuk jenjang S3.
  • Program Eiffel tidak dapat digunakan di program yang dijalankan oleh Prancis di luar negeri atau sehubungan dengan kontrak magang atau pelatihan profesional kontrak.
  • Tidak diperbolehkan menerima beasiswa lain dari pemerintah Prancis, meskipun berupa asuransi kesehatan.
  • Pendaftar harus memenuhi syarat kemampuan bahasa yang telah ditetapkan dari program akademik.
  • Mahasiswa yang sudah terlebih dahulu menempuh pendidikan di Prancis untuk program master tidak diperkenankan untuk beasiswa ini.

Cara Pendaftaran Beasiswa Eiffel Excellence

Institusi si pendaftar harus melengkapi dan mengirimkan aplikasi online dengan memakai formulir yang sesuai untuk setiap tingkat studi. Harus dipastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi memenuhi kriteria program Eiffel Excellence. Pendaftaran akan ditutup sebelum tanggal 7 Januari 2022. Informasi lebih lengkap tentang beasiswa Eiffel Excellence bisa diakses pada laman Campus France. Semoga berhasil mendapatkan beasiswa S2 dan S3 Prancis, sehingga bisa menikmati gratis! (Aldy).

ejogja

Pusat Info Pendidikan

One thought on “Beasiswa S2 dan S3 Prancis, Nikmati secara Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

001887