Vaksinasi Massal Anak Usia 6-11 Tahun di Kulon Progo

Kulon Progo, ejogja.id – Vaksinasi, selaku agenda utama kesehatan negeri tetap berlanjut. Berita terkini provinsi Yogyakarta adalah rencana vaksinasi massal anak usia 6-11 tahun selama 7 hari, menjelang tahun baru 2022 di kabupaten Kulon Progo. Sejak 20 Desember, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan vaksinasi massal kepada anak usia6-11 tahun. Vaksinasi ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021. Sri Budi Utami, Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, pada hari Rabu (14/12/2021) menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kulon Progo. Koordinasi itu membahas sasaran vaksinasi, yaitu anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sederajat dan tata cara pelaksanaan vaksinasi.

“Pada 16 Desember, kami akan melakukan rapat koordinasi dengan puskesmas-puskemas dan 17 Desember kami melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa, dan mulai 20 Desember akan dilaksanakan vaksinasi serentak dari sekolah ke sekolah”, pungkasnya.

Sri Budi Utami menyampaikan bahwa sebanyak 35.585 anak yang akan divaksinasi. Vaksinasi nanti bakal dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari puskesmas, fasilitas pelayanan kesehatan dan relawan bekerja sama dengan pihak sekolah

“Vaksinasi ditargetkan selesai 31 Desember. Ya mulai Januari 2022 akan dilaksanakan evaluasi pelaksanaan vaksinasi dan dimulainya vaksinasi dosis kedua untuk anak usia 6-11 tahun”, ucapnya untuk menegaskan vaksinasi massal anak tingkat SD/MI/SLTP/MTs.

Jangan Lewatkan Baca Juga: Loker Tendik Al Fattah Pereng Prambanan Sleman Yogyakarta

Kepala Disdikpora Kulon Progo Arif Prastowo membenarkan bahwa pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun direncanakan berlangsung selama 7 hari. Vaksinasi ini akan dimulai dari 20 Desember dan diakhiri pada 31 Desember. Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan saat libur sekolah. Pasalnya, jika hanya dilakukan selama 3 hari sebelum liburan, maka vaksinasi tidak akan berjalan maksimal. Adapun jenis vaksin yang akan digunakan ialah Sinovac. Arif Prastowo berkata, “Total sasaran vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun untuk SD/MI sebanyak 35.585 anak. Kalau hanya SD, sekitar 25 ribu untuk kelas 1 sampai kelas IV”. (Aldy)

ejogja

Pusat Info Pendidikan

One thought on “Vaksinasi Massal Anak Usia 6-11 Tahun di Kulon Progo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

005043