Menteri Nadiem Anggap PAUD Awal Penting untuk Anak

ejogja.id – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) merupakan salah satu cara untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran. Pembelajaran yang selama pandami Covid-19 benar-benar tidak bisa dilanjutkan. Utamanya jenjang pendidikan anak usia dini (PUD). Oleh karena itu, dengan adanya PTM diharapkan dapat mengejar ketertinggalan selama pandemi tersebut. Menteri Nadiem anggap PAUD awal penting untuk anak.

Menurut penjelasan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, bahwa kualitas seorang generasi bangsa ditentukan sejak dini mungkin. Artinya, kualitas seorang anak bergantung pada pendidikan tingkat dasar.

“Dari semua riset yang dilakukan sudah kelihatan bahwa kualitas PAUD itu punya korelasi yang sangat besar dengan kualitas learning outcome (hasil belajar) dari murid-murid di awal,” ungkap Nadiem dalam Hari Inspirasi OASE secara daring, Kamis (4/11/2021).

Hal ini bergantung kepada pendidikan yang ada. Bila pendidikan sudah benar dan dapat memberikan yang terbaik kepada anak, maka potensi anak akan tumbuh lebih cepat ketimbang yang lain.

“Kalau awal sudah benar, itu akan mengakselerasi perkembangan anak menjadi lebih cepat. Ini (PAUD) jadi luar biasa penting,” sambung Nadiem

Selebihnya, Pak Menteri juga mengakui bahwa pemerintah sendiri baru sadar bahwa pendidikan dini sangat penting. Menurutnya, keuntungan investasi pada anak merupakan salah satu yang terbesar agar mereka bisa menjadi masyarakat yang maju.

Cek Juga IT Mekar Insani Mengenalkan Budaya Daerah

“Ini kita baru melek tentang pentingnya pendidikan dini, mungkin ibu-ibu sudah sadar tapi sistem pemerintahan belum menyadari. Saya apresiasi sekali OASE KIM untuk melakukan sosialisasi agar kita melek kepentingan ini,” tutur Nadiem.

Oleh karena itu, dalam masa pembelajaran jarak jauh (PJJ), dia sendiri sering rketika mendampingi anaknya belajar, salah satunya tidak bisa diam. Untuk itu, PTM akan menjadi salah satu solusi yang tepat mengembalikan kualitas anak.

“Saya merasakan sebagai orang tua betapa sulitnya PJJ. Kalau dari sisi dampak pada PAUD itu luar biasa, secara statistik itu jadi prediksi learning outcome di masa depan dan sangat sulit melakukan belajar online, Menteri Nadiem anggap PAUD awal penting sekali untuk anak” pungkas Nadiem. (Bigul)

ejogja

Pusat Info Pendidikan

3 komentar pada “Menteri Nadiem Anggap PAUD Awal Penting untuk Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

004937