Skor Toefl Syarat Utama untuk Mendapatkan Beasiswa

Jogja, ejogja.id – Mendapatkan Beasiswa merupakan idaman setiap orang untuk melanjutkan pendidikan yang lebih baik dan lebih tinggi. Tetapi untuk mendapatkannya bukannya perkara mudah karena syarat wajib yang harus dipenuhi adalah kemampuan berbahasa Inggris. Lebih-lebih untuk beasiswa jenjang S2 baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Skor Toefl untuk beasiswa.

Hampir setiap universitas luar negeri memberikan persyaratan skor kemampuan bahasa Inggris, yakni TOEFL atau IELTS. Dengan kedua tes bahasa Inggris tersebut, kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan dapat diukur. Tentu karena sebagian besar perkuliahan akan menggunakan bahasa Inggris.

Tes TOEFL standar internasional

TOEFL sendiri merupakan tolak ukur dan sertifikat yang mampu memberikan informasi terkait sejauh mana level kemampuan dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Lebih-lebih dalam lingkungan akademik.

Selain itu, dalam perkuliahan di luar negeri, sertifikat TOEFL merupakan menanda pada seseorang dalam hal kemampuan membaca materi akademik dalam bahasa Inggris. Di sisi lain menjadi salah satu syarat agar mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris kepada sesama di lingkungan akademik dan lingkungan sekitar.

Perlu diketahui bahwa tidak semua tes TOEFL dapat diterima secara internasional. Dengan begitu perlu kiranya mempersiapkan sertifikat TOEFL yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Karerna TOEFL itu sendiri memiliki banyak jenis di antaranya ada IBT dan ITP. Jika mau kuliah di luar negeri maka syarat TOEFL-nya adalah IBT bukan ITP yang hanya khusus di dalam negeri.

Baca juga Noto Projo Mbangun Deso, Peran Mahasiswa Pengembangan Masyarakat: Belajar dari Panggungharjo dan Lendokombo.

Tes TOEFL IBT merupakan tes langsung dari ETS yang jika berhasil mendapatkan atau memperoleh sertifikat maka sama dengan diakui oleh seluruh dunia. Berbeda dengan TOEFL ITP yang merupakan tes yang biasanya diselenggarakan oleh perguruan tinggi dalam negeri dengan lembaga bahasa Inggris.

Jika memiliki cita-cita untuk kuliah ke luar negeri dan membutuhkan sertifikat TOEFL maka jenis tes TOEFL yang harus diikuti adalah IBT. Tapi jika ingin mendaftar dalam pekerjaan di BUMN atau daftar CPNS maka cukup mengikuti tes TOEFL ITP. Tes TOEFL IBT biasanya dilakukan secara online karena memang berbasis internet based test. Maka untuk mengikuti tes tersebut menggunakan media internet dengan ujian langsung dari pusatnya yaitu ETS yang basisnya berada di Amerika Serikat. (Bigul)

ejogja

Pusat Info Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

009147