UT Yogyakarta Raih Prestasi Terbaik Pada Dies Natalis Ke-37

Yogya, ejogja.id, – pada puncak acara Dies Natalies ke-37 Universitas Terbuka di kampus UT, Tangerang Selatan, Banten, pada Sabtu (04/09/2021), UT Yogyakrata berhasil meraih penghargaan sebagai Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) terbaik pada 2021. Penghargaan tersebut diberikan pada kegiatan puncak acara Dies Natalies ke-37. UT Yogyakarta raih prestasi terbaik pada dies natalis ke-37 itu.

Dies Nataslies ke-37 UT kali ini bertema “Membangun SDM Unggul melalui Digital Learning Ecosystem” yang diikuti oleh civitas akademika, tamu undangan, dan para mitra secara luring maupun daring dengan menggunakan zoom dan livestreaming UT-TV. Acara Dies Natalies ke-37 UT tersebut merupakan acara puncak dan penutupan kegiatan Diesporseni Nasional UT 2021 yang diikuti oleh mahasiswa UT dan beberapa perguruan tinggi undangan yang lain.

Keberhasilan UT Yogyakarta sebagai UPBJJ-UT Terbaik merupakan penghargaan atas pencapaiannya yang selama ini dilakukan. UT Yogyakarta melakukan program belajar dan mengajar secara konsisten sebagai unit sumber belajar dan layanan mahasiswa. Hal inilah yang membuat UT Yogyakarta meraih penghargaan yang patut dibanggakan.

UT Yogyakarta dalam hal melakukan payanan pendidikan didukung dengan 39 UPBJJ-UT yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan 1 Unit Layanan Luar Negeri. Indikator penilaian UPBJJ-UT terbaik adalah (1) peningkatan pelayanan, (2) peningkatan manajemen internal, dan (3) peningkatan angka partisipasi mahasiswa.

Rektor Universitas Terbuka, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D menyampaikan pidato pada acara Dies Naatalies ke-37 UT. Dalam pidato Dies Natalies, Rektor UT menyampaikan kontribusi besar UT bagi kemajuan pendidikan tinggi Indonesia. Sumbangsih tersebut merupakan misi utama untuk membuka akses pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua lapisan masyarakat. Ini kemudian menjadi slogan “Making Higher Education Open to all.

Baca Juga Juara II Lomba Pantomim Nasional, Muhammadiyah Berbangga

menurut penjelasan, terobosan kualitas dan kewibawaan akademik yang dilakukan UT akan membawa perubahan. Lebih di masa pandemi Covid-19 yang mengubah model pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online dan digital. Hal ini mendorong UT untuk semakin maju dalam mengupayakan kemajuan sumber daya manusia yan unggul dengan ekosistem pembelajaran digital.

”Jumlah mahasiswa UT terus meningkat sejak 2017. Ada perubahan segmentasi mahasiswa UT, kini sekitar 40 persen mahasiswa berusia 25 tahun ke bawah,” kata Ojat.

Selain itu, ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, SE, MBA sangat mengapresiasi peran pentinggi UT yang sangat membantu dan memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa dan negara Indonesia melalui pendidikan terbuka dan jarak jauh.

”UT dapat membantu program pemerintah untuk meningkatkan APK PT (angka partisipasi kasar pendidikan tinggi) yang baru 34,58 persen. Para alumni UT di berbagai profesi dan daerah diharapkan juga dapat membantu dan berperan mengutamakan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Bambang.

Selain itu, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim dan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek juga memberikan ucapan selamat Dies Natalies ke-37 UT beserta pesan dan harapan yang disampaikan melalui daring. (Bigul)

ejogja

Pusat Info Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

005042