Dosen Diminta Jangan Hanya Sekadar Mengajar

Yogya, ejogja.id – Dalam acara penyerahan Surat Keputusan Kenaikan Jabatan Akademik Guru Besar oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V yaitu Prof. Dr. Didi Achjari SE., M.Com AK CA kepada Prof. Dr. Santi Budiman SE MM, yang bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda (STIE-IEU), Yogyakarta pada Jumat (27/08/21) menyampaikan hal-hal penting yang seharusnya dilakukan dosen. Dosen diminta jangan hanya mengajar.

Dosen seharusnya tidak hanya terpaku pada kegiatan mengajar, tetapi harus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Setalah itu juga mempublikasikan karya hasil penelitiannya. Karena bobot terbesar penilaian kepada seorang dosen memang terletak di publikasi. “Semoga penyerahan surat keputusan ini menginspirasi dosen STIE-IEU yang lain, dalam mengembangkan kapasitas dan kariernya,” tutur Didi Achjari.

Selain itu, Didi Achjari juga menjelaskan seorang senior memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk membimbing juniornya agar mengikuti jejak langkah akademiknya. Oleh karena itu, semoga segera menyusul guru besar lainnya di STIE-IEU ini. Ia juga menyayangkan di masa pandemi ini kegiatan juga dibatasi, tetapi juga banyak peluang dengan daring. Jangan menyerah karena pandemi karena masih bisa melakukan publikasi.

Baca Juga Program Sekolah Penggerak.

Sementara itu, Ketua STIEU-IEU Ir. M Rifai Arif MM juga berharap keberhasilan Prof. Dr. Santi Budiman SE MM menginspirasi dosen-dosen yang lain. Dengan begitu, acara penyerahan surat keputusan guru besar berikutnya akan segera menyusul.

Ada pun Prof Dr. Santi Budiman SE MM, kelahiran Bandung 27 November 1969, memperoleh gelar doktor dari Universitas Negeri Surakarta tahun 2014. Jabatan di STIE-IEU sebagai Pembantu Ketua II, Ketua Penyunting Jurnal Ekonomi dan Bisnis Aktual (ISSN 1693-5888). Ketua LPPM dan Assesor BKD Nasional.

Memperoleh penghargaan sebagai Dosen Berprestasi DIY dari LLDIKTI Wilayah V. Best Paper Aworld “Behavioural Model of Buying Intention of Counterfieted Products” dari SIBR. Karena banyak melakukan penelitian, karya tulis ilmiah, mengikuti konfrensi/seminar/lokakarya/simposium, pengabdian kepada masyarakat dan juga pelatihan profesional.

Selain itu menjadi anggota organisasi profesi ilmiah seperti Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Forum Manajemen Indonesia (FMI), Asosiasi Dosen Republik Indonesia (ADR) dan Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI). (Bigul)

ejogja

Pusat Info Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

005042