Diklat Untuk Calon Kepala Sekolah Tamansiswa

Yogya,  ejogja.id – Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DIY menggelar pelatihan dan pendidikan (Diklat) kepada calon Kepala Sekolah Tamansiswa pada Rabu-Senin 18-23/8/2021, secara daring. Bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LP2KSPS) Surakarta. Pusat pelaksanaan diklat secara daring berada di Gedung Data Kompleks Pendapa Tamansiswa, Yogyakarta.

Peserta yang mengikuti pelatihan dan pendidikan adalah calon kepala sekolah dari berbagai jenjang pendidikan cabang Tamansiswa di seluruh Indonesia. Selain itu, juga ada tiga orang peserta yang mengikuti pelatihan dan pendidikan yang dari luar Tamansiswa. Kegiatan pelatihan dan pendidikan telah sampai pada tahap Gelar Karya.

“Peserta dibagi dua kelas, yaitu kelas A berjumlah 17 peserta dan kelas B berjumlah 19 peserta,” papar Nyi Hermin Tri Prasetyowati selaku Panitera Harian Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPTs). Diklat tersebut berlangsung secara bertahap yang dimulai pada April 2021. Pembukaannya di LPMP DIY sekaligus pelaksanaan kegitan pendidikan dan pelatihan tahap pertama.

Peserta diharuskan menyiapkan tugas kegiatan On Job Training (OJT) 1 dan OJT 2 juga In Service Training (IST) 1. Selain itu, peseta juga harus menyiapkan laporan, presentasi, video unjuk kerja dan video gelar karya, sebagai bagian dari IST 2. Pendidikan dan pelatih tersebut diharapkan melahirkan kepala sekolah yang memenuhi administrasi dan memiliki kemampuan seorang kepala sekolah.

Dengan adanya diklat tersebut, menurut Hermin Peserta calon kepala sekolah disiapkan untuk memenuhi persayaratan administrasi juga memiliki kemampuan memimpin sebagai seorang kepala sekolah. Karena sebelum mengikuti pelatihan dan pendidikan (Diklat), calon kepala sekolah tersebut harus mengikuti seleksi administrasi dan seleksi substansi. Peserta dinyatakan lulus semua dan dilanjutkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan. (Bigul)

ejogja

Pusat Info Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Visitors Today

004937